Cerdas Mengenali Pinjaman Daring Untuk Bisnis

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

SHARE

Bisnis seringkali membutuhkan modal yang tidak sedikit. Meskipun pinjaman bank masih populer, ada lagi institusi non-perbankan yang dapat membantu kamu bisa cepat mendapatkan pinjaman modal.

Pernah mendengar istilah peminjaman dana dengan sistem Peer to Peer Lending (P2P Lending)? Secara umum, peer to peer berarti antar orang perorang maka oleh sebab itu, bisa dikatakan termasuk pinjaman cepat. Dengan kata lain, jika cukup familiar dengan sistem peminjaman pribadi dari orang per orang maka sistem peer-to-peer kurang lebih sama yaitu peminjaman langsung antar debitur dan investor tanpa melalui perantara lembaga keuangan.

Tiga tahun belakangan, marak berkembangnya fintech pinjaman daring (P2P landing) dengan sistem kredit online. Ada berbagai Fintech yang berani menawarkan pinjaman tanpa jaminan. Meskipun bunga relatif lebih tinggi dari pinjaman bank, pengajuan Fintech bisa secara daring dan prosesnya lebih cepat.

Bagi perkembangan bisnis, seringkali kucuran dana dibutuhkan cepat untuk menutupi kebutuhan pembayaran invoice. Namun terkadang pinjaman tidak dapat dilakukan dengan mudah. Maka P2P landing bisa jadi solusi. Cara praktis tersebut memudahkan untuk para pemilik bisnis menggunakan sistem P2P landing. 

Adapun sebelum melangkahkan kaki pada model pinjaman daring, sebaiknya pelajari hal pokok berikut:

Rencanakan Keuangan Jangka Panjang

Sebagai pelaku usaha, kita tahu bahwa segala modal yang kita sudah keluarkan perlu adanya return on investment (ROI). Demi mencegah besar pasak daripada tiang, buatlah skema bisnis selengkap mungkin. Pertimbangkan dana pinjaman daring. Apakah dalam jangka waktu tertentu, pinjaman daring sudah bisa terlunasi? Bagaimana jika tidak? Buatlah banyak rencana sehingga tidak ada alasan menjadi stres ketika hal terburuk sewaktu-waktu terjadi.

Ketahui Berapa Besaran Penggantian Biaya Di Luar Iuaran Pokok

Pada setiap platform P2P Landing dikenai besaran biaya bunga serta biaya admin. Adapun setiap platform bisa mematok harga berbeda-beda, waspadailah akan kedua hal ini. Tentu biaya keseluruhan harus transparan dan masih ‘masuk akal’ untuk dibayarkan. Usahakan pembayaran tidak sampai jatuh tempo, pada sistem P2P landing biasanya memiliki cara tertentu dalam menagih kreditur. Kenali lebih lanjut layanan pengaduan konsumen, penagihan hutang biasanya maksimal 90 hari.

Legalitas Resmi Serta Di Awasi Oleh OJK

Ketahuilah bahwa dasar hukum pinjaman daring tertera dalam POJK 77. Peraturan OJK mengatur pasal sehubungan dengan prosedur, kategori, dan sanksi terhadap pinjaman daring. Perusahaan pinjaman daing ilegal sama halnya dengan rentenir. Sepatutnya reputasi perusahaan diketahui sebelum melakukan transaksi, semua hal mengenai pinjaman daring akan menyangkut pada data pribadi.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Leave a Replay