dr. Reisa : Merdeka itu Bebas dari Rasa Insecure dan Memberikan Kontribusi terhadap Bangsa

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

SHARE

Bebas Insecure dan Berkontribusi terhadap Bangsa adalah arti merdeka bagi dr.Reisa. So, apa arti merdeka untuk Eurekawomen Ladies?

Merayakan kemerdekaan di tahun ini cukup berbeda dari biasanya, pasalnya kita merayakan Hari Kemerdekaan ditengah-tengah pandemic covid-19 yang tengah melanda. Perayaan Hari Kemerdekaan yang biasanya semarak dengan segala aktifitas, mulai dari upacara pengibaran bendera di Istana, pawai dan hiburan lainnya kini ditiadakan demi menekan angka kasus positif covid-19.

Bagi dr. Reisa Broto Asmoro, dokter sekaligus Mantan Juru Bicara  Gugus Tugas Penanganan Covid-19, arti merdeka baginya saat ini adalah merdeka dari segala penyakit, terutama covid-19 serta bagaimana kita bisa menjadi diri kita seutuhnya dan memberikan kontribusi kita kepada bangsa agar merdeka dari apapun itu.

dr.Reisa yang berbagi ceritanya lewat tayangan Instagram Live bersama Eurekawomen dan Girls Leader Indonesia menceritakan bagaimana kegiatannya selama pandemi ini dan bagaimana sepak terjangnya hingga saat ini. Ia banyak bercerita saat-saat ia masih ditugaskan menjadi Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19. Baginya, ditunjuk langsung oleh Bapak Presiden sebagai Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 adalah suatu kehormatan baginya. Sejalan dengan komitmennya saat menjadi dokter yaitu berusaha meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia, dr. Reisa sangat menikmati saat-saat dia mengemban jabatan tersebut.

Momen yang sangat diingat oleh dr.Reisa saat menjabat sebagai Juru Bicara Penanganan Covid-19 adalah saat ia mendapat tugas untuk membuat video panduan pencegahan covid-19 untuk masyarakat. “Yang paling diingat adalah saat membuat video panduan untuk masyarakat, karena kan selama ini biasanya panduan dibuat dalam bentuk narasi atau teks” ungkap dr.Reisa.

Sebelum dikenal menjadi dokter yang mengisi program di salah satu stasiun telivisi swasta, dr.Reisa merupakan Puteri Indonesia Lingkungan di tahun 2010 dan berhasil terpilih untuk mewakili Indonesia di ajang Miss International 2011. Ia mengungkapkan sebelum mengikuti ajang “beauty pageant”, ia merasa dirinya adalah seorang yang insecure. Namun, pengalaman dan pembelajaran yang didapatkan selama mengikuti ajang Puteri Indonesia menjadikan dirinya menjadi seorang yang lebih percaya diri.

“Ada banyak hal yang saya dapatkan saat mengikuti Puteri Indonesia, bukan hanya tentang dunia entertain dan beauty. Brain, Beauty dan Behaviour yang saya dapatkan selama disana sangat saya terapkan hingga saat ini, seperti contohnya bagaimana berbicara di depan public” tutur Ibu dua anak ini.

Ia juga menceritakan bagaimana prosesnya dalam menghadapi rasa insecurity. Ia mengatakan bahwa lingkungan yang suportif akan membantu kita untuk bersosialisasi dan meminimalisir rasa insecure yang ada dalam diri kita. Menurutnya, untuk memunculkan apresiasi terhadap diri kita bisa dimulai dengan membantu orang lain, dengan begitu akan muncul rasa apresiasi terhadap diri sendiri dengan banyak bersyukur dari apa yang kita miliki.  Ia juga mengatakan bahwa setiap kekurangan bisa diperbaiki dan semua kelebihan bisa menjadi nilai dan kekuatan kita untuk membantu orang lain.

“ Membantu orang lain tidak hanya dengan uang, kita punya kata-kata, energy dan tenaga. Kita bisa menyalurkan apapun yang kita punya menjadi sesuatu yang positif dan bermanfaat orang lain. Ketika kita dapat membantu orang lain, kita merasa keberadaan kita masih dibutuhkan.” terang dr. Reisa.

Ada satu hal yang selalu dr.Reisa tanamkan, yaitu dengan tidak berlari dari apa yang sedang kita hadapi dan kesempatan apa yang datang menghampiri.

“Satu hal yang perlu diingat, dari insecurity kita gaboleh lari. Yang kita butuhkan adalah keberanian dan kesempatan. Jika kesempatan itu datang tapi kita tidak berani, kita gak akan bergerak maju. Kita gak akan lebih baik kedepannya.” tutup dr.Reisa.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Leave a Replay