Lima Kebiasaan Yang Bisa Meningkatkan Kualitas Hidup

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

SHARE

Kesuksesan bisa dibangun dari apa yang kita kerjakan secara berulang. Tentu saja kalimat ini tidak asing di telinga penikmat konten motivasi, namun sebenarnya apa sih yang dimaksud kesuksesan?

Ada beragam cara meraih keberhasilan. Setiap individu punya keputusan atas definisi suksesnya masing-masing. Namun dasarnya, peningkatan kualitas hidup adalah cara mengukur seberapa jauh seseorang bisa mencapai keinginan tersebut.

Di awal tadi, kita menyinggung “kebiasaan” sebagai faktor utama. Yang dimaksud kebiasaan disini adalah rutinitas beruntun yang dibangun secara konstan.

Adapun dalam meraih kesuksesan, ada dasar-dasar kebiasaan yang bisa mempercepat nilai kamu dalam mengerjar impian. Berikut adalah lima hal yang sebaiknya diterapkan dalam kehidupan sehari-hari:

  1. Olahraga

Harta yang paling berharga adalah kesehatan. Mau sebanyak apapun harta lain dikumpulkan, tanpa kesehatan rasanya tetap belum optimal. Maka dari itu, menjaga kesehatan paling dasar adalah dengan konsumsi makanan bervitamin.

Didukung oleh kegiatan olahraga, sering kali kita menyangkal adanya aktivitas ini. Sibuk, kurang berenergi dan seterusnya menjadi alasan. Padahal, setiap hari kita hanya butuh latihan fisik selama 15 menit untuk menjadikan tubuh lebih bugar.

Tips bagi kamu yang sulit bangun untuk berolahraga, baiknya lakukan sit-up sebanyak 50x setelah bangun tidur. Atau jika dirasa tidak mungkin, latihan pemanasan dengan menggerakan pergelangan otot bisa menjadi solusi.

  1. Journaling

Kegiatan ini sering kali dianggap tidak begitu penting dilakukan sebab memerlukan catatan untuk dicatat. Adapun journaling ada banyak jenis. Mulai dari catatan keuangan, rencana makan seminggu kedepan, hingga resolusi tahunan yang hendak dicapai.

Kegiatan ini bertujuan mengingatkan apa saja yang perlu kita tulis supaya tidak luput dari perhatian. Journaling juga berfungsi sebagai alat evaluasi terhadap kinerja kita sendiri.

Selain itu melalui journaling, kita juga melatih diri untuk mampu mencurahkan perasaan kita secara pribadi, alih-alih memendam emosi negatif tersebut. Dikutip dari Llia (@salsabeela), penulis lebih dari 30 buku dan CMO dari storial.co, “Saat menulis di journal emosi kita, tidak apa-apa kita memulai dari rasa marah atau kecewa, yang kita tuangkan. Lama-lama, perasaan kita pasti berubah, dengan seiringnya kalimat yang kita tulis”.

Mulailah dari mencatat pengeluaran harian. Atur waktu pengingat untuk membiasakan budaya mencatat setiap pemasukan ataupun pengeluaran. Jika sudah rutin, akan terlihat jelas bagaimana cara kamu mengelola keuangan pribadi.

  1. Berbagi Cerita

Sebagai makhluk sosial, mempunyai banyak relasi menjadi salah satu cara meraih kesuksesan. Tempat nongkrong tidak selalu erat dengan pemborosan, banyak deal besar terjadi hanya dari sekedar makan di luar bersama atau melakukan aktivitas seperti bowling santai.

Saling bertukar pikiran adalah kunci hidup. Terlebih di era media sosial seperti sekarang, akan sangat bermanfaat bagi kita bisa berbagi sesuatu yang penting kepada khalayak ramai, apalagi jika bisa dimonetize.

  1. Menganalisa

Pemahaman konsep berfikir adalah dengan menganalisa, bukan hanya sekadar membaca. Proses berfikir kritis menjadi acuan agar dapat membedakan dengan bijak do’s and dont’s yang sebaiknya dilakukan.

Adapun cara lain melatih inovasi dalam menganalisa menggunakan cara observasi. Tidak melulu apa yang menjadi penerimaan publik adalah hal yang tepat loh untuk mencapai kesuksesan. Namun yang pasti kalau itu bermanfaat peluangnya akan jauh lebih besar.

  1. Membuat keputusan

Kesuksesan dapat diraih dengan mencoba terus dari setiap kegagalan. Berani mengambil keputusan adalah latihan utama seseorang bisa ditempatkan pada posisi semakin tinggi.

Untuk menentukan apakah keputusan yang dibuat sudah tepat, pergunakanlah di setiap kesempatan yang ada untuk memikirkan dampak kedepannya. Jika sudah terlanjur dipilih, maksimalkan langkah selanjutnya tanpa penyesalan.

Hidup selalu maju ke depan, biasakan memiliki rasa percaya diri dan optimisme ya Eurekawomen Lovers!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Leave a Replay