Pasangan Depresi, Ini yang Dapat Kamu Lakukan Untuk Mengatasinya

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

SHARE

Masa pandemi adalah masa yang sangat rentan bagi kesehatan mental. Apa yang harus kita lakukan bila pasangan kita mengalami depresi? Baca artikel berikut ini.

Memiliki pasangan yang mengalami depresi tidaklah mudah. Seringkali kita merasa kesepian dan terbebani saat dirinya sedang tidak bisa diajak untuk berkompromi mengenai kondisi rumah tangga ataupun kondisi hubungan antar pasangan yang menjadi semakin berjarak dan kurang nyaman. Apalagi di masa-masa pandemi ini, yang makin membuat orang rentan memiliki emosi negatif, penyakit mental termasuk depresi. Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk membantu pasangan kamu mengatasi depresinya.

  • Tunjukan rasa cinta tanpa pamrih

Pepatah mengatakan cinta bisa menyebuhkan segalanya. Jadi kalau pasangan kamu mengalami hal yang buruk, tunjukan kepada mereka lebih banyak cinta meskipun mereka cenderung melampiaskan emosi negatifnya padamu. Tidak perlu menghujaninya dengan hadiah mahal atau kata-kata gombal, cukup tunjukkan kepedulian dan kasih sayangmu dengan gestur tubuh sederhana yang benar-benar berbicara kepada mereka.

  • Ajak pergi ke ahli kejiwaan

Depresi memang tidak bisa disembuhkan tanpa perawatan intensif. Untuk itu, proses penyembuhannya juga perlu melibatkan ahli kejiwaan, sehingga tidak terjadi salah diagnosa. Kamu bisa secara persuasif mengajak pasangan kamu ke psikolog atau ke psikiater ataupun ke life coach. Kalau bisa, carilah teman-teman yang berprofesi tersebut dan sudah mengenal pasangan kita atau kita, sehingga membuat dirinya dapat merasa lebih nyaman. Jangan lupa untuk menemani dirinya pada saat konsul. Jika dia menolak, mintalah dia untuk melakukannya demi dirimu dan anak-anak. 

  • Berikan Ruang Untuk Sendiri

Tugasmu adalah menafsirkan apa yang sebenarnya ia butuhkan. Cukup ajukan pertanyaan dan menghubungkannya secara emosional. Terkadang mungkin ia mengatakan bahwa ia hanya ingin menyendiri, tapi yang ia maksud adalah membutuhkan teman. Di lain waktu, ia akan memberi tahumu kalau ia memerlukan jarak dan itulah yang benar-benar ia butuhkan. 

  • Jangan mudah tersinggung

Memang sedikit menyakitkan kalau pasanganmu tampak kehilangan minat pada hubungan kalian.

Perlu dipahami kalau musuh kalian sebenarnya adalah depresinya.  Hubungan penuh cinta dan sarat dukungan sangat bermanfaat bagi seseorang yang menderita depresi. Itu termasuk memahami pasangamu, tapi itu juga berarti mengambil langkah-langkah praktis untuk menangani masalahnya. 

  • Cari dukungan untuk diri sendiri

Jangan lupa juga untuk mendapatkan bantuan untuk dirimu sendiri. Ingat bahwa depresi bahkan bisa menghampirimu juga. Jadi, di sela-sela membantu pasangan mengatasi depresi yang ia hadapi, tak ada salahnya untuk rehat dan memanjakan dirimu sendiri. Menonton film terbaru di Netflix, melakukan perawatan spa di rumah atau seksdar membaca buku favorit kamu.

Muara Makarim, seorang life coach mengatakan, “Ada baiknya bila pasangan kita sedang mengalami masalah dan menutup diri, kita coba melihat permasalahan tersebut, selain dari point of view kita, juga dari sudut pandang pasangan dan dari kacamata orang ketiga yang netral melihat masalah tersebut”.

Itulah beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk membantu pasanganmu dalam menghadapi depresi. Memang tidak mudah, tapi kalau kalian saling support dan tidak menyerah satu sama lain, pasti semuanya akan teratasi ya!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Leave a Replay