Tetap Romantis Meski Usia Pernikahan Sudah Tidak Muda Lagi? Siapa Takut!

0
22

Menjaga suasana romantis pada pasangan suami istri memang terkadang menjadi tantangan sendiri bagi setiap pasangan dalam menjalin rumah tangga, apalagi ketika usia pernikahan sudah tidak muda lagi.

Bahkan, banyak orang yang menganggap bahwa suasana romantis hanya ada di dalam rumah tangga yang baru menikah.

Anggapan ini tentu saja merupakan pemahaman yang salah, karena romantis itu sebetulnya tidak mengenal usia pernikahan baik yang baru menikah, ataupun yang sudah puluhan tahun menikah.

Seperti dilansir dari Everyday Health, ada beberapa tahapan yang akan dilewati oleh semua pasangan suami istri, apa saja tahapannya? Simak artikel berikut ya.

Fase Bulan Madu

Setelah melangsungkan acara pernikahan, pasangan biasanya akan langsung menghabiskan waktu berdua untuk berbulan madu. Tidak ada ukuran pasti bagi setiap orang yang ingin melangsungkan bulan madu dengan pasangannya.

Pada tahap ini pasangan cenderung sedang berada dalam tahapan yang sangat bergairah dan romantis satu sama lain. Keduanya selalu punya alasan untuk menghabiskan waktu bersama setiap saat, layaknya orang sedang kasmaran.

Fase Penyesuaian

Pada fase ini, biasanya gairah dari pasangan cenderung mulai mereda. Kesibukan dan tanggung jawab seperti mengurus pekerjaan di kantor, pekerjaan rumah tangga, mengurus mertua, dan kesibukan lainnya  membuat waktu antar pasangan mulai tersita.

Keduanya kerap menjalani kehidupan pernikahan yang sebenarnya dan mulai harus berfikir bagaimana cara menyikapi kebiasaan serta perbedaan pendapat dengan pasangan.

Selain itu, pada fase ini juga biasanya sudah mulai muncul pula kesadaran bahwa pasangan juga memiliki kekurangan dan sikap yang mungkin tidak kamu duga – duga. Sehingga banyak pasangan yang akan mulai mencari cara untuk mempertahankan hubungannya.

Fase Evaluasi Diri

Dalam fase ini, biasa pasangan yang banyak menghabiskan waktu bersama sudah terbiasa dengan situasi yang mereka alami sehari – hari.

Keduanya akan lebih mudah mengerti satu sama lain, sudah bisa menerima kekurangan satu sama lain, dan menjadi lebih dewasa, apalagi jika sudah memiliki momongan.

Menjadi orang tua, pastinya baik suami maupun sang istri akan berusaha keras untuk menjadi panutan dan memberikan contoh yang baik kepada anaknya. Keinginan itulah yang kerap kali membuat pasangan suami istri mulai melakukan evaluasi diri serta berusaha menjaga kesatuan hubungan dan membangun kehidupan keluarga yang lebih baik.

Senada dengan fase – fase diatas, Chichi Bernardus yang merupakan sex consultant mengatakan bahwa setiap pasangan suami istri itu pasti menemukan hal – hal yang membuat dirinya terkejut dengan sikap, sifat, maupun perilaku dari pasangan.

Chichi menyebutnya dengan hal – hal surprise dalam rumah tangga.

Untuk mengatasi hal – hal surprise yang dimaksudkan oleh Chichi, ia berpesan bahwa tidak perlu jaim atau terlalu sensitif jika menemukan hal tersebut pada rumah tangga.

“Aku rasa sih salah satu kunci utamanya adalah kalo ketemu sama element of surprise yang kaya gitu jangan terlalu jaim dan jangan terlalu sensitif.”Kata Chichi Bernardus

Chichi sendiri mengaku meskipun usia pernikahannya sudah tidak muda lagi, namun dirinya selalu mendambakan untuk bisa selalu bermesraan dengan sang suami.

Sang suami pun berfikir sama dengan Chichi karena kemesraan bagi mereka sangat penting di dalam rumah tangga.

“Jadi dia waktu itu bilang mungkin kalo boleh diputar waktu barangkali punya anaknya ditunda sedikit, supaya kita bisa lebih banyak bermesraan.”kenang Chichi

Tingkatkan Suasana Romantis dengan Kencan

Banyak pasangan, ketika sudah memiliki anak dan sibuk dengan pekerjaan baik di kantor maupun dirumah terkadang lupa dengan aktivitas yang bisa membangkitkan romantis di dalam rumah tangga.

Salah satu aktivitas yang bisa membangkitkan gairah romantis di dalam rumah tangga adalah dengan kencan.

Duh… kencan? Kita kan sudah tidak muda lagi, anak – anak kita nanti siapa yang jaga?

Nah, mungkin saat ini kata – kata itu terbesit di pikiran kamu sekarang.

Menurut Chichi, kencan dengan pasangan itu memang harus diupayakan.

“Bener banget sih, kencan memang sebisa mungkin diupayakan ya.”Singkat Chichi

Pada awalnya memang akan membutuhkan usaha yang lebih ketika ingin menghabiskan waktu berdua dengan pasangan kita.

Namun, jika kamu ingin tetap romantis, kencan adalah salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga romantis dalam rumah tangga.

Selain berkencan, sebenarnya ada satu cara yang menurut Chichi juga dapat meningkatkan rasa romantis diantara pasangan, yaitu dengan cara memberikan effort kecil seperti memberikan perhatian ketika pasangan kita sedang lelah bekerja atau lelah mengurus rumah.

“Effort kecil juga bisa dilakuin sih, kaya pas kita lagi riweuh ngapain gitu, terus kita tiba – tiba peluk dia dari belakang gitu, sesimpel itu ya.”Terang Chichi

Chichi juga kemudian memberikan tips untuk menjaga hubungan dalam rumah tangga itu kuncinya dengan komunikasi.

Menurut Chichi, meskipun sepasang suami istri sudah menikah puluhan tahun, namun tidak ada manusia yang benar – benar bisa membaca pikiran satu sama lain.

Maka dari itu komunikasi menjadi sangat penting untuk menjaga suasana romantis dengan pasangan, sekaligus menjaga keutuhan rumah tangga.